Minggu, 05 Juni 2011

7 trik bicara di depan umum

Tahukah anda, tak semua orang yang saat ini berhasil menjadi pembicara atau pelaku presentasi di muka umum adalah orang yang terlahir dengan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. sebaian dari mereka juga kerap dilanda demam panggun. ketika harus menjadi pusat perhatian di dalam suatu komunikasi.

ya, demam panggung memang bisa melanda siapa saja. tak hanya seorang public speaker, karyawan biasa yang pada suatu ketika harus mengajukan usul dalam ruang rapat sekalipun bisa saja terserang demam panggung.

Ketika giliran harus menyuarakan pendapat, tiba-tiba hilang seluruh keberanian.berikut rangkaian kata yang sudah disusun rapi dalam benak. atau, saat harus menjelaskan usulan yang sedang dibahas, anda kehilangan speech control. bicara pun jadi tak fokus dan terkesan tak berujung pangkal. Nah... disini ada beberapa trik yang bisa dijalankan.


1. Jangan kecepatan bicara. jaga laju berbicara agar tetap moderat. jangan berbicara terlalu cepat. orang akan sulit mengerti apa yang anda bicarakan.

2. Kembangkan Bahasa. luangkan waktu untuk meningkatkan kemampuan kosa kata anda. jangan bicara berlebihan (lebay) hehehe

3. Gunakan diafragma. Bicaralah melalui diafragma (rongga dada). ini akan memberi anda resonansi suara dan proyeksi.

4. Buka tangan. Gunakan gestur (bahasa tubuh) membuka tangan dengan posisi telapak tangan menghadap keatas. tapi jangan terlalu berlebihan.

5. Pelihara kontak mata. sementara anda memaparkan pemikiran, sebaiknya lakukan dengan tetap memelihara kontak mata dengan semua lawan bicara anda. ini akan membuat anda tak kehilangan fokus saat berbicara di muka umum.

6. Berdiri tegak. Cobalah untuk tetap berdiri tegak setiap kali anda memiliki kesempatan berbicara di depan umum.

7. Buang beberapa kata. Kebiasaan mengatakan. Eee...., apa itu, atau, anu, sebaiknya mulai anda hilangkan saat berbicara dimuka umum. karna akan membuat anda terlihat tak percaya diri dan tidak profesional.

sebenernya ada 8 .yg ke 8 asal jangan BAU MULUT aja hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar